
Belajar di Bawah Percikan Bumi Ayu Curug Pletuk
Sebagai seorang guru milenial
kita harus dituntut kreatif dan enovatif dalam melakukan pembelajaran di
sekolah. Dengan adanya strategi pembelajaran yang mumpuni pastinya akan
menciptakan dan meningkatkan minat dan hasil belajar siswa disekolah. Dalam
melakukan pembelajaran tidak serta merta selalu dibungkus dengan dinding yang
mengitari disekililingnya. Sesekali kita sebagai seorang pendidik harus
mengajak siswa untuk belajar di luar kelas. Karena dengan melakukan
pembelajaran diluar kelas dapat me-refresh
otak anak dan dapat meningkatkan minat belajar yang lebih tinggi.
Beginilah yang sudah kami lakukan sebagai guru
di SD Negeri 2 Pesangkalan yang mana lokasi kami berdekatan dengan wisata alam
yakni Curug Pletuk. Kami mengajak siswa untuk belajar sembari menikmati
keindahan alam yang ada di Curug Pletuk.
Curug Pletuk sendiri merupakan
aset yang sangat berharga bagi desa Pesangkalan. Dengan keindahan alam yang
sungguh memesona dan fasilitas tempat yang cukup bagus menambah kenyamanan
ketika berada tempat tersebut. Pada saat di sana para siswa sungguh riang dan
semangat, entah karena kebanyakan mereka gemar belajar tetang alam atau karena
rasa jenuh belajar yang selama ini dibungkus dengan dinding-dinding yang kokoh
berbaris mengelilingi mereka. Yang pasti dengan mengajak belajar di alam
terbuka dan mempelajari tentang alam sekitar mereka terlihat antusias dan
semakin semangat dalam belajar.
Kita tahu bahwa, belajar
merupakan sebuah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi
sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar sendiri
merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus
dan respon. Sehingga, seseorang yang
dianggap telah belajar sesuatu jika dapat menunjukan perubahan perilakunya.
Dalam pembelajaran sendiri yang terpenting adalah input yang berupa stimulus
dan output yang berupa respon. Sehingga, dengan diadakannya
belajar di alam terbuka ini diharapkan menjadi sebuah alternatif dalam
memberikan input berupa pengalaman
serta output yakni dapat mempraktikan
langsung suatu indikator dalam pembelajaran.